• icon menu mobile
Artikel

Panduan Membuat Buket Bunga Sendiri dalam 5 Langkah

Monday, 15 August 2022
blog orchid

Ketika Anda berencana menghadiahkan buket bunga buatan sendiri untuk orang-orang terkasih, baik itu pada hari Ibu, Valentine, ulang tahun, acara pernikahan, atau wisuda, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Meski tampaknya terlihat mudah dilakukan, namun untuk dapat menghasilkan karangan bunga yang terlihat cantik dan elegan, Anda membutuhkan teknik khusus dan pemilihan warna serta jenis bunga yang tepat.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah penting yang perlu Anda lakukan untuk membuat buket bunga sendiri.

1. Pilih bunga untuk buket Anda.

Pada saat memilih bunga untuk membuat buket, skema warna menjadi hal yang penting. Buket bunga biasanya terdiri dari tiga isian, yaitu bunga utama, bunga pemanis, dan filler.

Bunga utama: Disebut sebagai bunga utama, karena letaknya berada di tengah karangan bunga dan biasanya memiliki jumlah yang paling banyak agar tampak menonjol. Tergantung pada keinginan Anda, bunga utama bisa terdiri dari satu atau dua warna yang berbeda. Namun jika Anda ingin menggunakan dua warna berbeda, pastikan Anda memperhatikan skema warnanya dan memilih bunga dengan warna yang cocok bersanding antara satu sama lain, misalnya seperti kuning dan oranye atau merah dan pink.

Bunga pemanis: Sama seperti namanya, bunga pemanis bertujuan untuk menghias tampilan buket Anda supaya tampak lebih cantik. Agar bunga utama tetap menjadi titik fokus, pilihlah bunga pemanis dengan warna netral seperti putih dan pastikan ukurannya tidak lebih besar dari pada bunga utama Anda.

Filler: Filler memberikan sentuhan yang lebih elegan karena dapat menambahkan volume dan aransemen warna yang menarik pada buket. Beberapa filler biasanya menggunakan aksen berwarna hijau seperti dedaunan untuk kesan natural dan segar, namun Anda juga bisa menggunakan jenis bunga lainnya seperti baby breath atau daisy.

2. Siapkan alat yang diperlukan.

Setelah bunga dipilih, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan.

Gunting: Gunting dibutuhkan untuk merapikan bunga sebelum disusun menjadi buket serta memotong pita, tali rami, dan alat lainnya.

Tali rami: Agar tidak berantakan, bunga yang sudah dirangkai harus diikat dengan tali rami sebelum dihias dengan pita dan hiasan dekoratif lainnya. Namun jika Anda tidak memiliki tali rami, Anda juga bisa menggantinya dengan selotip untuk memastikan susuan bunga tetap pada pada tempatnya.

Hiasan dekoratif: Hiasan dekoratif yang Anda pilih bisa bergantung pada selera Anda. Jika ingin membuat buket yang simpel, maka hiasan dengan tali pita saja sudah cukup. Namun jika ingin tampilan buket yang lebih mewah, Anda juga bisa menambahkan wrapping paper atau kain spunbond yang biasanya dijual khusus untuk membuat buket bunga.

3. Rapikan tangkai bunga dengan gunting.

Gunting setiap daun yang ada pada tangkai bunga. Jika Anda menggunakan bunga mawar, Anda juga perlu menggunting duri-durinya agar tidak melukai tangan ketika sedang dirangkai. Selain itu, supaya susunannya menjadi lebih rapi potong setiap ujung tangkai bunga hingga memiliki panjang yang sama rata. Pastikan potongan tangkai terasa nyaman untuk digenggam, artinya ukurannya tidak boleh terlalu panjang ataupun terlalu pendek.

4. Susun bunga dan ikat dengan tali.

Skema warna akan sangat mempengaruhi hasil akhir buket bunga yang Anda buat, karenanya pastikan Anda memilih kombinasi warna yang tepat. Pertama-tama susun bunga utama di bagian tengah, kemudian isi sekelilingnya dengan bunga pemanis sampai penuh. Lalu terakhir lengkapi buket Anda dengan filler di lingkaran terluarnya. Karena tujuan filler hanya untuk memberikan volume dan sentuhan artistik, Anda tidak perlu menambahkannya sebanyak bunga pemanis agar titik fokus buket Anda tetap berada di bunga utama. Setelah selesai, ikat tangkai bunga dengan tali rami atau selotip.

5. Tambahkan hiasan dekoratif.

Jika Anda berencana membuat buket bunga yang sederhana, cukup lilitkan tali pita pada tangkai bunga hingga menutupi seluruh permukaan tali rami atau selotipnya, kemudian buat simpul pita untuk sentuhan akhir yang manis. Namun jika Anda ingin menggunakan hiasan tambahan seperti warpping paper, pertama-tama Anda perlu merentangkan wrapping paper di atas meja dengan posisi belah ketupat, lalu letakkan buket bunga di atasnya dengan posisi ujung tangkai berada di tengah. Selanjutnya lipat bagian bawah wrapping paper ke atas hingga menutupi seluruh tangkai bunga, kemudian lipat bagian kanan wrapping paper ke arah kiri dan bagian kiri ke arah kanan hingga menutupi lipatan bagian bawahnya. Langkah terakhir, ikat tangkai bunga yang sudah tertutup oleh wrapping paper dengan simpul pita.

Itu dia tutorial untuk membuat buket bunga yang cantik dan elegan. Setelah mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan, kini Anda sudah bisa membuat buket bunga sendiri dan menghadiahkannya kepada orang-orang terkasih untuk menghangatkan momen-momen istimewa di hari spesial mereka. Selamat mencoba.

Comments
back to top
logo whatsapp