• icon menu mobile
Artikel

Inilah 9 Makna yang Terkandung Pada Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Monday, 18 April 2022
blog orchid

Mawar merupakan bunga yang paling sering digunakan untuk menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Padahal di balik satu jenis bunga yang sama ini, setiap warna pada bunga mawar bisa memiliki bermacam-macam makna yang berbeda lho. Makna ini disebut sebagai foliografi, yaitu bahasa bunga, yang dulu sempat populer di era Victoria untuk mengekspresikan perasaan terdalam si pemberinya. Mulai dari sahabat masa kecil, keluarga dekat, hingga pasangan Anda, setiap orang memiliki masing-masing bunga mawar berbeda dengan warna dan makna yang tentunya juga berbeda.

Karena itu saat Anda memutuskan untuk membeli bunga mawar sebagai hadiah, pertimbangkan terlebih dahulu tujuan apa yang ingin Anda sampaikan kepada si penerimanya. Nah, sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa simbol yang terkandung dalam bunga mawar berdasarkan masing-masing warnanya.

Arti Bunga Warna Berdasarkan Warnanya

1. Putih

Mawar putih secara tradisional dikaitkan dengan pernikahan dan awal yang baru, tetapi keindahannya yang menenangkan juga cocok untuk merayakan acara yang khidmat seperti pemakaman. Mawar putih adalah cara yang tepat untuk menghormati teman atau orang yang dicintai saat memulai awal yang baru atau saat berhadapan dengan perpisahan. Warna murni mereka dapat berarti sebagai penyampaian rasa hormat, simbol untuk memulai awal baru, atau mengungkapkan harapan yang baik di masa depan.

2. Ivory

Meski hampir mirip seperti warna putih, namun mawar berwarna ivory memiliki kesan yang lebih hangat. Umumnya sering dianggap sebagai warna krem, mawar dengan warna ivory sering digunakan untuk meninggalkan kesan yang elegan dan getaran rasa yang menyenangkan sekaligus mewah. Warna ivory juga dapat melambangkan pesona dan bisa menjadi hadiah yang bagus untuk seseorang yang Anda kagumi dan pedulikan, tanpa ada unsur romantis di dalamnya.

3. Kuning

Kendati dulu digambarkan sebagai kecemburuan, namun kini mawar kuning melambangkan rasa persahabatan dan perhatian. Seperti bunga matahari yang hangat, menghadiahkan mawar kuning kepada teman dapat menyampaikan kehangatan dan kasih sayang yang Anda rasakan. Mawar kuning juga dapat melambangkan kenangan menyenangkan atau penghargaan terhadap orang lain.

4. Peach

Mawar warna peach populer sebagai pilihan bunga untuk menunjukkan rasa syukur dan terima kasih. Mereka biasanya diberikan untuk merayakan kesepakatan atau kerja sama bisnis karena bisa menjadi simbol kesetiaan. Namun selain itu, mawar berwarna peach juga memiliki warna yang manis sekaligus hangat, sehingga cocok dihadiahkan kepada anak perempuan atau teman dekat.

5. Oranye

Dengan energinya yang membara, mawar oranye dapat mewakili daya tarik dan kebanggan. Perasaan apa pun yang Anda rasakan, entah itu antusiasme, gairah, atau rasa syukur, mawar berwarna oranye dapat mengekspresikan pesan yang ingin Anda sampaikan dengan cara yang anggun.

6. Pink

Sebagai simbol klasik keanggunan, mawar berwarna pink sering diberikan sebagai tanda kekaguman dan penghargaan. Mereka adalah mawar dengan warna paling lembut yang cocok diberikan kepada sahabat, pasangan, atau bahkan rekan kerja terbaik Anda untuk mencerahkan momen di hari spesial mereka.

7. Merah

Sering dikaitkan dengan keindahan dan kesempurnaan, mawar merah adalah cara untuk mengungkapkan rasa cinta. Mereka menyampaikan gairah dan cinta romantis yang kuat, sehingga merupakan cara terbaik untuk membagikan perasaan Anda kepada pasangan, baik di hari ulang tahun, hari Valentine, atau peringatan pernikahan.

8. Hitam

Mawar hitam mewakili kematian atau akhir dari sebuah perasaan. Karenanya, jika memberikan mawar bewarna hitam kepada seseorang, ini bisa menjadi cara bagi Anda untuk menyampaikan akhir dari hubungan Anda dengan mereka.

9. Pelangi

Mawar pelangi atau juga biasa disebut sebagai mawar warna-warni adalah hadiah unik yang mewakili kebahagiaan dan kegembiraan, sehingga bisa menjadi pemberian yang sempurna untuk hari ulang tahun, hari perayaan, atau ucapan selamat kepada kerabat yang baru melahirkan.

Kini setelah mengetahui setiap makna yang terkandung pada warna mawar, Anda dapat menentukan pilihan bunga yang paling cocok untuk hadiah Anda. Entah itu Anda ingin memberikannya pada pasangan yang dicintai, sahabat terkasih, atau kerabat dekat yang sedang merayakan hari istimewa, pilihlah buket bunga mawar dengan warna terbaik yang paling mewakili perasaan Anda.

Artikel Terkait:
1. 7 Rekomendasi Pilihan Hadiah Wisuda Untuk Diberikan di Hari Kelulusan
2. 6 Momen Terbaik Untuk Menghadiahkan Buket Bunga Kepada Orang Tersayang
3. 7 Makna Bunga Tulip Berdasarkan Masing-Masing Warnanya

Comments
back to top
logo whatsapp