• icon menu mobile
Artikel

6 Tips Penting Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Mudah Layu

Friday, 30 December 2022
blog orchid

Berasal dari genus Rosa dan famili Rosaceae, mawar dikenal sebagai bunga ikonik yang merepresentasikan romantisme dan keindahan. Dengan lebih dari 300 spesies mawar tersebar di seluruh dunia, Anda dapat menemukan bunga ini dalam berbagai bentuk dan warna. Wangi yang harum, kelopak yang cantik, dan warnanya yang memikat memberikan kesan yang unik yang membuat bunga ini berbeda dari yang lain.

Nah, jika Anda merasa tertarik untuk menanam bunga mawar sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa tips perawatan dan hal penting yang perlu Anda perhatikan agar bunga Anda tidak mudah layu.

1. Cahaya Matahari

Mawar adalah jenis bunga yang sangat menyukai sinar matahari. Agar mawar milik Anda dapat tumbuh dengan subur, Anda perlu menempatkannya di lokasi yang memiliki akses ke sinar matahari, setidaknya sekitar enam hingga delapan jam setiap harinya. Sinar matahari langsung sangat bermanfaat untuk pertumbuhan mawar. Kendati demikian Anda juga tetap perlu berhati-hati ketika musim panas tiba, karena suhu yang terlalu tinggi dan panas bisa merusak tanaman ini.

2. Penyiraman

Agar mawar Anda tidak mudah layu, pastikan tanahnya tetap lembap sepanjang waktu. Anda mungkin perlu memeriksa kelembapan tanah setiap hari untuk memastikan mawar Anda tidak kekurangan cairan. Nah, tips penting yang perlu diingat, selama bulan musim panas Anda bisa menyiraminya setiap hari, karena pada saat ini suhu cenderung lebih tinggi dan membuat tanah jadi mudah kering. Sementara itu, di lain waktu ketika musim dingin tiba, Anda bisa mengurangi jadwal penyiraman menjadi sekali atau dua kali dalam seminggu, tergantung suhu dan tingkat kelembapan di lingkungan Anda.

3. Temperatur

Idealnya, bunga mawar harus ditempatkan  di temperatur minimum antara 15° C hingga 18° C dan temperatur maksimum antara 28° C hingga 30° C. Artinya, bunga mawar paling cocok ditempatkan di lokasi yang sejuk dengan akses sinar matahari langsung. Semakin bagus lokasi penempatannya, maka mawar Anda akan lebih sering berbunga dan memiliki batang yang lebih kokoh.

4. Toksisitas

Tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa mawar beracun bagi hewan peliharaan Anda. Namun tanaman ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahaya bagi mereka, terutama jika durinya tertelan. Selain itu, hewan peliharaan Anda juga sangat mungkin untuk merusaknya, sehingga Anda perlu menempatkannya di lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh mereka.

5. Hama

Sama seperti tanaman lainnya, bunga mawar juga termasuk tanaman yang rentan terkena hama seperti jamur dan kutu daun, bahkan meskipun Anda menaruhnya di ruang tertutup. Nah, untuk menghindari hal ini, pastikan untuk memeriksanya setiap hari dan tempatkan bunga mawar Anda tidak jauh dari jendela agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

6. Repotting

Jika Anda menumbuhkan mawar di dalam pot, Anda perlu melakukan repotting sekitar dua atau tiga tahun sekali. Repotting sendiri merupakan proses pemindahan tanaman ke pot lain yang lebih besar seiring dengan pertumbuhannya. Tanpa melakukan hal ini, maka pertumbuhan bunga mawar Anda akan lambat. Beberapa petunjuk mawar Anda mungkin membutuhkan pot yang baru adalah warna daun yang berubah menguning ataupun kelopak yang mudah layu.

Tidak hanya memiliki bunga yang tampak cantik dan memikat saja, perawatan mawar juga cukup mudah untuk dilakukan, sehingga ini dapat menjadi opsi tanaman yang bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah Anda. Cukup dengan mengikuti beberapa tips perawatan dasar di atas, Anda bisa memastikan bahwa mawar Anda dapat tumbuh mekar dengan indah dan tidak mudah layu.

Artikel Menarik Lainnya:

Comments
back to top
logo whatsapp