Florist Panduan Dasar untuk Menata Meja Anda Wednesday, 22 March 2017

blog orchid
Sebenarnya, panduan menata meja sangatlah sederhana: entah itu untuk acara makan malam bersama keluarga atau pesta dengan lebih dari 20 undangan, Anda hanya membutuhkan satu panduan dasar yang sama. Anda dapat menggunakan panduan ini untuk Anda aplikasikan seorang diri atau sebagai bahan diskusi saat Anda sedang berbincang dengan vendor dekorasi acara Anda. Berikut lima hal utama yang wajib Anda perhatikan saat Anda sedang menata atau menghias meja makan Anda:

1. Meja

Gambar: elizabethannedesigns.com
Tanyakan kepada diri Anda sendiri, “Berapa jumlah tamu yang ingin Anda undang?” Jawaban Anda akan menentukan jumlah dan ukuran meja saat acara. Semakin banyak tamu yang diundang, maka semakin banyak dan besar pula meja yang Anda butuhkan. Umumnya, satu pax membutuhkan jarak sekitar 50 – 60 cm untuk dapat duduk dan makan dengan leluasa.


2. Tema

Gambar: diy.sndimg.com
Tema dapat menggambarkan, sekaligus membentuk, keseluruhan suasana dan tampilan acara Anda. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika tema dapat menjadi penentu utama untuk keseluruhan kebutuhan acara. Anda dapat menyesuaikan tema tata meja dengan jenis acara, karakter brand, atau selera personal Anda. Bila Anda menginginkan pesta dengan suasana yang hangat dan sederhana, maka Anda bisa mengangkat tema rustic.


3. Warna

Gambar: pinterest.com
Pilih sekitar dua hingga empat warna untuk mendominasi keseluruhan tata meja Anda. Anda dapat mengombinasikan beberapa warna yang senada, seperti merah dan merah muda, atau justru yang kontras, seperti putih dan hitam. Tentunya, pemilihan warna ini juga harus disesuaikan dengan tema. Sebagai contoh, jika Anda mengangkat tema rustic, maka warna coklat dan hijau merupakan perpaduan warna yang paling sempurna.


4. Centerpiece

Gambar: pinterest.com
Centerpiece adalah rangkaian atau dekorasi yang berada di pusat meja. Anda dapat memilih rangkaian bunga sebagai centerpiece untuk menghidupkan kesan indah dan segar. Biasanya, satu centerpiece dapat digunakan untuk dua hingga empat kursi yang berhadapan.
Walau centerpiece akan menjadi pusat perhatian di atas meja Anda, namun jangan sampai ukuran centerpiece itu terlalu besar, sehingga mengganggu kenyamanan tamu saat mau berbincang-bincang dan menghabiskan banyak ruang yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meletakkan piring, maupun sejumlah peralatan makan lainnya.


5. Piring dan Peralatan Makan

Gambar: pinterest.com
Salah satu warna piring dan peralatan makan yang paling aman adalah warna putih atau keperakan yang bersih. Untuk kenyamanan saat menyantap makanan bersama, ada baiknya juga jika Anda memperhatikan kelengkapan peralatan makan yang dibutuhkan, seperti piring, pisau, sendok, garpu, dan gelas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan placemat atau alas piring, napkin, dan name tag agar memudahkan tamu-tamu Anda untuk menemukan tempat duduknya masing-masing.
Jika Anda ingin sedikit memeriahkan suasana di atas meja makan, Anda dapat memainkan grafis dan pola pada placemat dan name tag Anda. Menaruh sebuah bunga atau daun berukuran kecil, seperti daun rosemary, di atas napkin juga dapat membuat meja Anda menjadi terlihat lebih indah dan berwarna.
Comments