Florist 6 Tips Terbaik untuk Mempertahankan Kesegaran Bunga Monday, 08 August 2016

blog orchid
Bunga selalu dapat menjadi hadiah kejutan yang menyenangkan bagi setiap orang. Entah itu hanya setangkai mawar ataupun seikat besar rangkaian bunga, setiap jenis bunga mampu menyampaikan makna dan pesan mereka masing-masing. Sayangnya, tidak ada hal yang abadi, begitu juga hadiah bunga yang terasa begitu istimewa. Semakin banyak hari yang terlewati, maka semakin banyak pula kelopak bunga yang mengering dan layu.

Oleh karena itu, dibutuhkan tips-tips khusus untuk menjaga kesegaran rangkaian bunga potong agar bertahan lebih lama. Tenang saja, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menjalankan tips-tips sederhana berikut ini:

1. Hindarkan Bunga dari Sinar Matahari Langsung
Tanaman hidup memang menyukai sinar matahari langsung, namun bunga potong memiliki karakter yang sama sekali berbeda. Letakkan bunga potong pada tempat yang jauh dari paparan sinar matahari langsung agar kesegaran bunga dapat bertahan lebih lama.


2. Jangan Ada Daun yang Terendam dalam Air
Sebelum memasukkan rangkaian bunga ke dalam vas yang berisi air, pastikan tidak ada daun yang terendam di dalam air. Potonglah daun-daun yang berada di ujung tangkai agar daun-daun tersebut tidak mengotori air.


3. Berikan Nutrisi Bunga
Air yang bersih memang menjadi salah satu kunci utama dalam mempertahankan kesegaran bunga, namun bukan berarti air bersih saja sudah cukup. Campurkan juga nutrisi bunga ke dalam air karena semua bunga potong pasti membutuhkan nutrisi tambahan untuk bertahan segar lebih lama.


4. Potong Ujung Tangkai Bunga
Bunga potong dapat meresap air dan nutrisi dengan lebih baik jika ujung tangkainya dipotong secara miring. Potong ujung tangkai dengan menggunakan gunting yang tajam agar tidak merusak pembuluh air dalam tangkai.


5. Simpan dalam Suhu Ruangan yang Tepat
Pada dasarnya, bunga potong dapat bertahan segar lebih lama jika disimpan dalam ruangan yang bersuhu dingin (sekitar 18 hingga 25 derajat Celsius). Semakin hangat suhu ruangan, maka bunga potong pun akan jadi semakin cepat layu.


6. Rutin Mengganti Air
Seiring dengan berjalannya waktu, air dalam vas akan menjadi kotor. Untuk mempertahankan kesegaran rangkaian bunga, gantilah air dalam vas secara rutin, setidaknya sekitar dua hari sekali. Setelah mengganti air, jangan lupa untuk tetap menambahkan nutrisi bunga ke dalam vas.
Comments