Happiness Makna-Makna Penting di Balik Hari Ayah Monday, 13 June 2016

blog orchid
Walau belum sepopuler Hari Ibu, namun bukan berarti Hari Ayah bisa dilewatkan begitu saja. Hari Ayah yang jatuh pada hari Minggu ke-tiga setiap bulan Juni ini juga memiliki sejumlah makna penting yang patut untuk dirayakan. Berikut makna-makna penting yang tersimpan di balik Hari Ayah:

Sejarah Hari Ayah
Makna Hari Ayah tentu tidak dapat terlepas dari sejarah awalnya. Ada banyak cerita yang menginspirasi lahirnya Hari Ayah, namun salah satunya yang paling terkenal dan diingat oleh seluruh dunia adalah cerita dari Sonora Smart Dodd. Kisah Sonora dalam menyuarakan Hari Ayah bermula ketika dia mendengarkan khotbah tentang Hari Ibu pada tahun 1909. Saat dia mendengarkan khotbah tersebut, dia merasa kalau Hari Ayah juga patut dibentuk untuk menghormati jasa dan kasih sayang ayah.
Terlebih, ayah Sonora, yaitu William Jackson Smart yang merupakan seorang veteran tentara Perang Dunia, adalah orang tua tunggal yang mengasuh keenam anaknya sendirian. Berkat perjuangan dan rasa cintanya yang besar kepada sang ayah, Sonora pun berhasil mengumpulkan perhatian banyak pihak untuk turut menciptakan dan merayakan Hari Ayah.

Mengekspresikan Cinta kepada Ayah
Hari Ayah merupakan waktu yang tepat untuk mengekspresikan cinta, rasa hormat, dan rasa berterima kasih kepada ayah. Hampir seluruh orang di dunia ini memanfaatkan momen Hari Ayah untuk mengungkapkan rasa sayang mereka melalui hadiah. Adapun pilihan-pilihan hadiah yang populer di Hari Ayah adalah rangkaian bunga, kartu ucapan, dan benda-benda sederhana lainnya. Setiap bunga atau suatu benda tentu memiliki makna personal yang indah bagi setiap orang, sehingga tidak ada hadiah yang salah untuk diberikan kepada ayah di hari yang spesial ini. Mengungkapkan rasa cinta kepada ayah juga dipercaya mampu memperkuat hubungan emosional antara ayah dan anak itu sendiri.

Peran Ayah yang Besar dalam Keluarga
Selama ini, banyak yang beranggapan jika posisi ayah selalu berada di nomor dua setelah ibu, mengingat memang sosok ibulah yang mengandung dan melahirkan diri kita. Walau demikian, bukan berarti ayah tidak memiliki peran yang besar. Seorang ayah merupakan pemimpin yang melindungi, mengarahkan, dan rela berjuang demi kebaikan seluruh anggota keluarganya. Dia juga mengajarkan banyak hal tentang kehidupan kepada anak-anaknya dengan cara yang menyenangkan.
Comments