Florist Cara Tepat Memilih Bunga Wednesday, 30 March 2016

blog orchid
Bunga selalu bisa diandalkan dalam menghidupkan suasana kebahagiaan. Tidak mengherankan jika bunga sering dipilih sebagai hadiah kepada seseorang, mulai dari hadiah ulang tahun sampai hadiah untuk ibu di Hari Ibu, atau bahan dekorasi sebuah ruangan. Suasana kebahagiaan ini pun akan semakin tercipta sempurna kalau kita tahu bagaimana cara memilih bunga dengan tepat. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memilih bunga-bunga kualitas terbaik:

Kelopak yang Bersih dan Segar
Kelopak atau mahkota bunga adalah kunci keindahan dari bunga itu sendiri. Makanya, perhatian orang-orang terhadap bunga pasti pertama kali jatuh pada penampilan kelopak yang dimiliki. Secara umum, bunga berkualitas baik mempunyai kelopak yang bersih, tidak menghitam, dan terlihat segar. Kelopak bunga yang berukuran besar dan sedang mekar juga bisa memperindah rangkaian. Setelah membeli bunga berkelopak indah, usahakan untuk tidak sering menyentuh kelopak bunga tersebut. Sentuhan pada kelopak bisa membuatnya lebih cepat menghitam dan terlihat layu.

Tangkai yang Keras dan Basah
Walau keindahan kelopak bunga sering mencuri perhatian, namun kualitas bunga pun dapat dilihat dari tangkainya. Jangan hanya melihat dari hijau tidaknya tangkai tersebut—pegang tangkainya secara langsung untuk memastikan bahwa tangkai bunga tersebut masih terasa keras dan basah. Bila tangkai bunga justru berair, lembek, dan mengeluarkan bau menyengat, berarti bunga itu sudah dipetik lebih dari 24 jam yang lalu. Kalau ingin memilih bunga untuk dirangkai, bunga yang bertangkai panjang, seperti mawar, lili, dan anggrek bisa menjadi pilihan yang tepat karena tangkai bunga yang panjang mampu memberi efek volume penuh pada suatu rangkaian bunga. Selain itu, bunga bertangkai panjang juga memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah dapat bertahan lebih lama atau tidak cepat layu jika dimasukkan ke dalam wadah berisi air.

Aroma Bunga
Bunga tidak hanya identik dengan keindahan penampilannya saja, tetapi juga dengan aroma wangi yang khas dari setiap bunga. Jadi, cobalah untuk mencium aroma bunga terlebih dahulu sebelum benar-benar membelinya. Memang tidak semua bunga memiliki aroma yang kuat, namun setidaknya, hindari bunga yang sudah berbau tidak sedap.

Intinya, memilih bunga membutuhkan sedikit tambahan waktu untuk memperhatikan detail dari bunga-bunga tersebut. Walau terlihat sederhana, tetapi memilih bunga berdasarkan perhatian yang rinci seperti itu benar-benar membantu dalam menyempurnakan suasana kebahagiaan yang diharapkan.
Comments